Apasih Game RPG itu?


TeknoGamming! Hallo Gamers , kalian pasti sering memainkan berbagai Game terutama game RPG , apakah kalian tau apa itu game RPG? Yuk simak penjelasan saya !

RPG (Role Plating Game) adalah genre permainan dimana para player memainkan sebuah toko fiksi dan berkerja sama untuk membuat sebuah cerita bersama. Para player memilih aksi karakter mereka berdasarkan karakteristik tokoh tersebut, dan keberhasilan aksi mereka tergantung dari sistem peraturan permainan yang telah ditentukan sistem. Dengan tetap mengikuti peraturan yang ditetapkan, para player bisa berimprovisasi membentuk arah dan hasil akhir permainan ini.
Di Dalam sebuah Game  RPG, jarang ada yang "kalah" atau "menang". Ini membuat Game RPG berbeda dari jenis game papan lainnya seperti Monopoli atau Ular Tangga, game kartu, olah raga, dan game lainnya. Seperti sebuah novel atau film, Game RPG mempunyai daya tarik karena game ini mengajak para pemain untuk menggunakan imajinasi mereka. RPG biasa lebih mengarah ke kolaborasi sosial daripada kompetisi. Pada umumnya dalam RPG, para player tergabung dalam satu kelompok atau sering kali disebut sebuah PARTY.
Game RPG rata-rata dimainkan seperti sebuah drama radio: ketika seorang pemain "berbicara", dia berbicara sebagai tokohnya dan ketika si player ingin tokohnya melakukan sesuatu yang fisik (seperti menyerang sebuah monster atau membuka sebuah gembok) dia harus menggambarkannya secara lisan.
Kemudian Ada juga sejenis game RPG dimana para player bisa melakukan gerakan fisik charnya oleh si player sendiri. Game Ini disebut Live-Action Role-playing atau sering kali disebut LARP. Dalam Game LARP, biasanya para player memakai kostum dan menggunakan alat-alat yang sesuai dengan tokoh, dunia dan cerita yang dia mainkan. Seperti Swordman , Lancer , Fighter , Ranger , Caster , Hunter Witch /Mage , dan masih banyak lainnya .
GAME PC yang menggunakan Rules dan Mekanisme game RPG disebut sebagai computer role-playing games atau CRPG. Selain di PC, RPG juga banyak diadaptasikan ke mesin-mesin Game atau konsol, yang disebut console role-playing games, disingkat cRPG. Dengan meningkatnya popularitas RPG elektronik, industri video game telah membuat istilah RPG dikenal untuk RPG elektronik saja, dan mengakibatkan munculnya istilah RPG "pen and paper" atau "tabletop" untuk mendeskripsikan RPG tradisional.
Bagaimana sih cara kita bermain game genre RPG ini?

Loading Menuju Dungeon Game RPG

Sebelum memainkan sebuah game RPG, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Pertama, para pemain harus memilih sebuah buku peraturan (rulebook) dan, kadang kala, sebuah buku dunia (campaign setting) yang akan mereka gunakan. Tahap ini sangat penting karena buku-buku ini akan menentukan jenis-jenis tokoh yang bisa dimainkan (Swordman, Mage, Ranger, Hunter, Caster, dan lainnya), kepandaian-kepandaian (skill) yang bisa seseorang gunakan termasuk mantera sihir (potion/spell), peraturan pertempuran dan perincian-perincian dunia khayalan yang akan digunakan (sejarah, geografi, nama raja-raja, negeri-negeri penting, orang-orang penting dan lainnya).
Ada juga buku-buku lain yang bisa digunakan seperti daftar-daftar monster (contohnya adalah "Monster Manual" dari game Dungeons & Dragons), buku peraturan tambahan (peraturan pertempuran yang lebih terperinci dan kompleks, mantera-mantera baru, senjata dan jenis tokoh baru), buku-buku dunia yang lebih terperinci (contohnya adalah buku "Silver Marches" dari dunia Forgotten Realms yang menggambarkan sejarah, geografi, politik negeri Silver Marches yang lebih lengkap dari buku dunia Forgotten Realms). Tentunya, buku-buku ini tidak wajib dimiliki untuk bermain, tetapi bisa memberikan detail-detail dalam permainan yang bisa membuat sebuah dunia khayalan lebih menarik atau realistis. serta melancarkan kita dalam proses bermain dungeon dan farming.
 Begitulah sistem RPG yang sangat mengasikan , membuat para player menghayati setiap detil dalam game nya, Jangan lupa share serta coment , Like FP Facebook kami juga XD Thanks~

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Apasih Game RPG itu?"

  1. ane baru tau tentang game RPG makasih min

    ReplyDelete
  2. Wah baru tau nih ada game ini. Kayaknya seru mungkin lain kali saya coba mainin ah

    ReplyDelete
  3. Ohh ternyata begitu ya rpg itu , mantap infonya gan

    ReplyDelete
  4. baru tau gan apa itu game RPG thanks gan untuk infonya

    ReplyDelete